insto dry eyes
contest,  health,  info

Insto Dry Eyes, Solusi Jitu untuk Mata Keringmu!

IInsto dry eyes, solusi jitu untuk mata keringmu, Al! Cobain, deh!

Begitu beberapa teman dekat memberikan solusi saat membalas permohonan maafku ke mereka karena aku berhalangan hadir di meeting dua mingguan kami. Bukan apa-apa, sih. My excuse reason was..., aku mengalami mata perih, pegel, dan sepet gitu, Sobs!

Kebayang deh betapa ga nyamannya nanti, saat yang lain dengan begitu serius membahas kemajuan proyek (progress project) kami, eh aku sendiri malah ga bisa berkontribusi penuh karena mata lelah, perih, dan lelah ini. Yang ada, malah mereka akan turut merasa ga nyaman kan? Bolak balik lihat aku kedap-kedip mata atau pun ngucek-ngucek mata. Belum lagi kontak mata di antara kami sudah pasti tak akan terhindarkan, dan biasanya, yang namanya sakit mata kan menular yak? Setidaknya akan menularkan rasa tidak nyaman juga bagi yang menatapnya khaaan? Masak harus pake sun-glasses, seh?

Gejala Mata Kering dan Penyebabnya

Dari awal-awal mata mulai perih, lelah dan serasa sepet, aku udah curiga nih, Sobs! Apalagi setiap memandang, kok rasanya tatapan ga nyaman banget, blur gitu, deh! Aduuuh, pasti ini gejala mata kering, nih! Huft, plis atuh, mataku sayang, kamu jangan kenapa-napa, donk!

Makanya saat laporan ke teman-teman satu team, mereka langsung teriak. Nah lo, elu kena gejala mata kering, tuh, Al, tepatnya computer vision syndrome, yang memang diderita oleh 50% – 90% pekerja yang menggunakan komputer. Ditambah pula dengan seringnya beraktivitas via gadget dan smartphone, maka klop lah sudah. Iya, kali ini mataku ngambek! Perih mendera, lelah melanda, sepet rasanya!

Terlalu lama di depan layar monitor

Yes, terlalu lama menatap/bekerja di depan layar komputer, gadget atau pun HP. Itu tuh yang menjadi penyebab utama, bagi para pekerja yang bersentuhan dengan layar monitor. Untuk kasusku sendiri, tak diragukan lagi, penyebab utama mata sepet dan memerah ini adalah karena kelamaan menatap layar laptop, gadget dan HP. Habis, sedang kejar deadline membereskan progress report, dan beberapa pekerjaan online lainnya. Ingin menunda, tapi sudah dikejar deadline, mau gimana lagi kan?

Akhirnya, mata pegel tiada terkira, Sobs! Beneran, deh! Stress yang menurun karena pekerjaan hampir terselesaikan, ealah, malah terganti dengan stress baru karena mata menjadi sakit, lelah, sepet, perih dan ga nyaman banget! Hadeuh, ku menyesal terlalu memburu waktu. Hiks….

Untungnya ada Insto Dry Eyes

Mengetahui diriku terkena syndrom mata kering, dan banyaknya masukan dari teman-teman yang sudah lebih dahulu mengalami gejala ini, untuk segera memanfaatkan Insto Dry Eyes sebagai solusinya, maka aku pun langsung ke rumahnya Insto. Mencari product knowledge tentangnya agar ga salah. Iya, dunk, we are dealing with eyes kan? Benda paling sensitif dan perlu tindakan super hati-hati jika ga ingin celaka. Maka, aku pun cari-cari review dulu tentang produk yang sudah banyak direkomin teman-teman ini.

Dan…?

Yes, banyak sekali testimoni tentang Insto Dry Eyes, sebagai solusi paling jitu dalam mengatasi gejala mata kering. Maka, aku pun jadi yakin bahwa mata kering, lelah, pegel, sepet dan perih ini akan bisa diatasi oleh Insto Dry Eyes. Dan berlari lah aku ke mart terdekat, mengadopsinya dengan harga yang terjangkau banget, loh! Lagi diskon pula, jadi aku cukup bayar 14,500 rupiah, nih!

Bismillah. Dua tetes ke masing-masing mata kiri dan kanan, dan kandungan hydroxyprophyl methylcellulose-nya langsung menyegarkan mata, serta memberinya efek pelumas layaknya air mata. Ah, thanks Insto!

insto dry eyes

Penyebab Lain Mata Menjadi Kering

Tentu bukan faktor di atas saja yang menjadi penyebab terjadinya mata kering. Ada banyak faktor lainnya yang mengakibatkan mata kita menjadi lelah, pegel, sepet, perih dan mengering. Di antaranya seperti yang tertera pada banner di bawah ini:

penyebab mata menjadi kering
Faktor lain yang menyebabkan mata menjadi kering.

Yuk, lakukan cara ini untuk menjaga mata kita tetap sehat!

Terutama bagi kita yang tak bisa lepas dari berinteraksi dengan komputer/gadget/smartphone, nih, yuk, lakukan cara-cara ini untuk tetap menjaga mata kita tetap sehat, yuk!

1. Rutin Cek Mata

Mungkin cara ini sering kita lewatkan, padahal sangat memegang peranan penting, loh! Menurut National Institute of Occupational Safety and Health(NIOSH), para pekerja yang bekerja dengan komputer/gadget/smartphone sudah sepatutnya memiliki tolok ukur dasar sebelum dia mulai bekerja dengan kompi. Namun, sehingga tahun depan, saat dilakukan pemeriksaan yang sama, sudah ada nilai pembandingnya. Namun, jika kita tidak melakukan pemeriksaan awal, belum telat kok untuk melakukan cek berkala, setidaknya setahun sekali.

2. Pengaturan Kontras (terang gelapnya) cahaya komputer/laptop

Yup, ini juga sangat memegang peranan penting dalam menjaga dan memberikan kenyamanan bagi mata kita, loh. Sesuaikan tingkat kecerahannya agar sebanding dengan tingkat kecerahan ruangan kita berada.

3. Pengaturan Cahaya Ruangan

Ini juga penting banget, karena cahaya ruangan yang terlalu terang juga akan menyilaukan mata kan? Terlalu gelap/temaram juga akan bikin mata sakit. Jadi, sesuaikanlah dengan tingkat kenyamanan mata, ok, Sobs?

4. Berkedip Secara Berkala

Ini juga ga kalah pentingnya, loh! Jangan menahan diri untuk memelototi layar komputer hanya karena takut ‘selip’! Kegiatan berkedip memberi kesempatan bagi bola mata untuk menjadi lembab kembali dan mencegah iritasi dan mata kering. Berkediplah sebanyak 10 kali secara perlahan/lambat setiap rentang waktu 20 menit.

5. Eyes Sport

Olahraga tidak hanya penting bagi tubuh. Mata juga perlu olahraga, loh! Lakukan kegiatan menggeleng ke kiri dan ke kanan setiap 20 menit sekali untuk mengurangi mata lelah akibat terus menerus menatap layar komputer. Tataplah jauh ke depan (kira-kira 20 kaki) selama 20 detik. Kegiatan ini sering disebut 20-20-20 sport. Yaitu setiap 20 menit sekali, berpaling ke kiri-kanan sambil menatap sejauh 20 kaki selama 20 detik.

6. Pejamkan Mata Sesaat

Ini juga ngefek banget, loh! Merem deh selama 5 menit, sambil menarik napas dalam-dalam, dan menghembuskannya secara perlahan. Lega, dan bikin mata jadi sejuk.

7. Modifikasi Tempat Kerja

Iya, donk. Bosan juga kan dengan ruang kerja yang monoton? Sekali-sekali re-modifasi untuk mendapatkan nuansa baru dan penyegaran, yang tak hanya akan bikin mata senang, tapi hati juga akan nyaman. 🙂

8. Update Kacamata

Aku sudah disarankan oleh dokter nih untuk menggunakan kacamata berpelapis anti-reflective (AR), di mana lapisan ini akan mengurangi silau karena dia mampu meminimalisasi jumlah cahaya yang memantul dari permukaan depan dan belakang lensa kacamata.

Nah, Mantemans, ternyata mata perih, lelah, pegel, sepet atau malah memerah, ga bisa dianggap sepele kan, yaaa? Ini merupakan gejala mata kering, yang artinya si mata butuh perhatian ekstra agar dia tetap sehat. Dan bagiku serta banyak teman-temanku, Insto Dry Eyes telah menjadi solusi jitu dalam meredakan keluhan ini. Dan selain itu, tips di atas tuh, kudu banget loh menjadi perhatian dan kita jalankan dalam menjaga jendela hati ini tetap sehat dan mampu melihat dunia! Sepakat?

Semoga tulisan ini bermanfaat, ya!

Al, Bandung, 28 Juli 2019

One Comment

  • Sofia

    Aku udah 3 bulan ini bawa insto dry eyes kemana mana haha soalnya anak motoran banget akutu! Dan gak bs lepas dr gadget! Resiko mata kering dulu nempel terus mbak ampe sepet dah.. alhamdulillaah skrg udh amaaan donk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *